Selasa, 10 Januari 2017

Cara Merawat Dan Menjaga Kesehatan Kulit menggunakan Coklat

Makan coklat bisa mengakibatkan jerawat
Infokesehatannews - Banyak orang mengatakan jika terlalu banyak makan cokelat bisa menyebabkan jerawat. Hal itu membuat sejumlah orang, terutama wanita, jadi takut atau khawatir untuk makan cokelat. Kalaupun ingin makan, mungkin hanya sedikit dan dalam jangka waktu tertentu saja. Tetapi ternyata anggapan itu bisa dibilang kurang tepat.

Beberapa salon kecantikan maupun tempat perawatan wajah bahkan juga menyadari manfaat cokelat bagi kulit. Mereka menggunakan cokelat sebagai masker maupun scrub dan menghasilkan dampak yang positif. Cokelat yang mengandung flavonoid, yaitu jenis antioksidan epikatekin dan prosianidin. Senyawa ini bersifat antiseptik dan anti-inflamasi, yang mampu melindungi kulit dari kerusakan karena polusi dan bahan kimia.

AGEN DOMINO - Selain itu, cokelat juga bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, dan dapat menyehatkan kulit serta menghilangkan noda karena kandungan flavonol. Yang sering menjadi momok besar bagi wanita adalah bisa dicegah dengan cokelat. Itu karena adanya kandungan kolagen dan elastin yang juga bermanfaat untuk mencegah perubahan pigmen kulit.

Selain ketiga manfaat tadi, cokelat juga mempunyai manfaat lain, seperti menjaga kelembaban kulit, menghilangkan stress, melindungi dari sinar UV, dan memperhalus tekstur kulit. Ahli dermatologis, Dr. Ava Shamban, dalam Huffington Post mengatakan tentang mitos yang sudah terlanjur berkembang di masyarakat kalau cokelat bisa membuat kita berjerawat.

AGEN POKER - Menurutnya, diet makanan yang tinggi gula dan tinggi lemak dapat meningkatkan produksi dan menyebabkan respon inflamasi pada tubuh, sehingga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Jika coklat tidak bisa dihubungkan langsung dengan jerawat, maka pilihlah jenis cokelat yang baik, apakah dark chocolate, milk chocolate, atau white chocolate ?

“Milk dan white chocolate punya lebih banyak susu, gula, dan bahan tambahan lain daripada dark chocolate,” jelas Dr. Shamban. Menurut beberapa orang, produk susu dan gula juga bisa menimbulkan perubahan hormon yang berefek pada inflamasi dalam beberapa kasus, terutama dengan orang yang sensitif pada jerawat.

Sedangkan dark chocolate mempunyai banyak manfaat, bukan dengan hanya bagi sistem kardiovaskuler, tetapi juga bagi kulit kita. Kandungan dua flavonoidnya, katekin dan prosianidin, sangat bagus sebagai antioksidan, penangkal radikal bebas. Beberapa alasan yang menjadi penyebabnya. Alasan pertama adalah beberapa wanita suka makanan manis, terutama cokelat, saat menstruasi.

BANDARQ - Pada saat menstruasi, level estrogen dapat menurun, lalu memicu androgen (hormon yang diproduksi ovarium) menstimulasi kelenjar minyak. Produksi minyak berlebih tersebut yang memicu jerawat secara alami. Jadi, salah satu penyebab munculnya jerawat dalam kondisi tersebut adalah menstruasi, bukan cokelat.

Dan Alasan kedua, karena mengonsumsi makanan manis dan tinggi lemak dalam jumlah berlebihan.
Kebiasaan mengkonsumsi makanan tinggi gula dan lemak juga akan berakibat pada hilangnya porsi konsumsi buah dan sayuran. Padahal, buah dan sayuran sangat baik bagi kulit. Akibat kekurangan zat-zat gizi tersebut, maka timbullah jerawat. Nah, sekarang jadi tidak  takut makan cokelat lagi kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar