Minggu, 14 Oktober 2018

Ratusan Rumah Runtuh di Pulau Jawa Setelah Gempa Kuat

Ratusan Rumah Runtuh di Pulau Jawa Setelah Gempa Kuat

Ratusan Rumah Runtuh di Pulau Jawa Setelah Gempa Kuat
Ratusan Rumah Runtuh di Pulau Jawa Setelah Gempa Kuat 
BERITA TERPERCAYA - Saat itu pukul 1:44 pagi pada hari Kamis ketika Purwandi merasakan getaran yang membangunkannya dari tidur nyenyaknya, menyebabkan dia berlari keluar dari rumahnya di Pulau Sapudi di Sumenep, Jawa Timur, pada hari Kamis.

Dia dan penduduk lain dari desa Pancor di pulau itu menyaksikan dari luar ketika tanah berguncang dan mengguncang rumah mereka. Tidak ada yang berani pulang ke rumah. Mereka tetap terjaga di luar, dengan beberapa berjalan di sekitar lingkungan sampai pagi datang.

“Sampai subuh, ada banyak warga yang merasa takut untuk kembali ke rumah mereka. Sebagian besar dari mereka takut dan menghadapi trauma karena gempa besar, ”kata Purwandi 

Gempa berkekuatan 6,0 yang berpusat di perairan timur laut Situbondo, Jawa Timur, mengguncang pulau itu, yang terletak di dekat episentrum gempa. Episentrum berada di kedalaman 12 kilometer dan 161 km barat laut Denpasar, Bali. Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan setelah gempa.

Warga Sapudi dikejutkan oleh fakta mengerikan lainnya ketika mereka melihat rumah mereka di pagi hari. Meskipun guncangan kuat hanya berlangsung beberapa detik, banyak yang menemukan bahwa dinding rumah mereka telah runtuh. DOMINO ONLINE

Taufik Majid, seorang warga Pancor, menemukan bahwa setengah dari rumahnya hancur. Tiga orang di desa Prambanan meninggal setelah rumah mereka ambruk ketika gempa terjadi.

"Para korban sedang tidur ketika gempa melanda, menyebabkan rumah-rumah runtuh sehingga para korban tidak dapat melarikan diri," kata juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

Pemerintah setempat mencatat bahwa 317 rumah di 10 desa rusak akibat gempa. Pemerintah Jawa Timur mengatakan akan mengalokasikan Rp 23,7 miliar untuk memperbaiki rumah-rumah.


Setiap keluarga yang kehilangan seseorang dalam bencana akan menerima Rp 5 juta dari administrasi.

“Kami sudah membentuk tim untuk membangun rumah untuk satu kelompok dari 10 keluarga. Persediaan telah dikirim untuk membangun kembali rumah-rumah, ”kata Gubernur Jawa Timur Soekarwo, yang terbang langsung melalui helikopter dari Surabaya, ibu kota provinsi, ke pulau seluas 126 kilometer persegi untuk memeriksa daerah bencana pada hari Kamis.

Apa yang lebih penting, kata Soekarwo, adalah bahwa pemerintahannya menangani masalah ini sesegera mungkin. QQ ONLINE

Soekarwo juga mengatakan bahwa uang yang diberikan kepada keluarga korban yang meninggal adalah untuk menutupi biaya pemakaman, sementara warga yang terluka akan menerima bantuan medis gratis dari pemerintah provinsi dan kabupaten.

Gempa juga terasa di Bali dan Lombok. Menurut laporan dari Bali Disaster Mitigation Agency, sebagian besar bangunan yang rusak adalah rumah milik warga Kabupaten Jembrana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar